Sabtu, 14 Maret 2015

Budi daya ikan cupang hias

Berikut ini adalah beberapa langkah cara menbudidayakan atau memijah ikan cupang hias yang saya sudah praktekan dirumah :
1. Siapakan wadah tampat pemijahan ikan, yang saya pakai adalah toples kaca berkukuran sedang dan diberi plastik mengambang sebagai sarang telur.

2. Masukan jantan yang sudah dewasa yang sudah siap kawin, ciri-cirinya jantan sering membuat busa atau gelembung di tempatnya dan diamkan selama 1 hari . Jantan yang saya siapkan adalah jenis red halfmoon.

3. Masukan betina ke tempat tersebut dan tutup jangan sampai terganggu dengan keramaian, aproses perkawinan tidak akan dilaksanakan kalau kedua induk ini terganggu. Betina yang saya siapkan sejenis dengan jantan agar prosesnya normal dan keturunan yang sama. Ciri betina siap nelur adalah berperut buncit dan ada becak atau garis putih di badannya.

4. Setelah busa di sarang sudah mulai penuh dangan telur pisahkan betina dari wadah agar tidak dimakan, dan yang bertugas menjaga dan membesarkan telur adalah jantan. Jantan akan menjaga telur dan menaruhnya di sarang jika ada yang tengelam.

5. Selama tiga hari jangan diberimakan karena persedian makan telur sudah ada.

6. Ketika anak sudah mulai bisa berenang maka dipisahkan nduk jantannya.

7. Setelah 2 minggu baru dipisahkan ikan sesuai dengan jenis kelamin kawatir akan berkelahi.

8. Khusus penjantan agar diberi wadah sendiri satu ikan satu wadah, karena penjantan agresif dan suka melukai yang lain.

Ini adalah pemijahan yg sudah saya praktekan silakan dipraktekan dirumah, yuk kita ramaikan lagi koleksi ikan cupang hiasnya, jangan kalah sama koleksi batu cicin. Satu lagi jangan pernah mengadu ikan cupang anda karena selain dosa, anda telah berbuat merusak kelestarian alam, bayangkan klo anda jadi ikan tersebut. 

Hilman I














Tidak ada komentar: