Senin, 29 Mei 2017

Puasa Tak Halangi Untuk Beraktivitas Sehari-hari

Puasa di bulan ramadhan adalah kewajiban bagi umat Islam. Hal ini tidak mengurangi aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dalam berpuasa tubuh kita akan mengalami perubahan waktu mencerna makanan, yang biasanya lebih banyak di siang hari kali ini mencerna makanan dilakukan lebih banyak di malam hari. 

Beberapa tips yang dilakukan dalam bulan puasa agar tubuh kita tetap fit dan segar walaupun dalam menjalankan ibadah puasa :

1. Ubah presepsi dalam pikiran anda, bahwa puasa itu bukan mengurangi makan tapi memindahkan jam makan saja, sehingga anda akan merasa butuh makan di saat buka puasa dan sahur. Dan puasa itu adalah perintah Allah SWT yang pasti ada manfaatnya untuk kita yang menjalankannya.

2. Menjalani ibadah-ibadah wajib dan sunah dibulan Ramadhan dengan tulus dan Iklas tanpa ada rasa tekanan dari pihak lain.

3. Olahraga teratur dan terukur, olahraga di bulan puasa tetap bisa dilakukan dengan syarat ketentuan berlaku, (lihat link berikut : http://latianbeladiriuntukanak2.blogspot.co.id/2016/06/latihan-pas-puasa-siapa-takut.html ).

4. Pada saat buka, sebelum tidur, dan sahur minum air putih yang cukup jangan sampai kurang gara kandungan cairan dalam tubuh tercukupi.

5. Tidur yang cukup, jangan kurang ataupun kebanyakan tidur. Bisa ditambah jam tidur siang agar mengganti tidur malam yang sdh berkurang.

6. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan tidak mengandung koresterol yang tinggi.

7. Konsultasi kepada ahli seperti dokter atau ahli kesehatan lainnya.

Demikian tips tetap bugar dan segar saat puasa semoga bermanfaat, puasa kita diterima oleh Allah SWT dan meraih kemenangan di hari Fitri nanti.

Hilman IP

Tidak ada komentar: