Rabu, 23 Juli 2014

Hari Anak Nasional

Kami segenap penulis, admin, pelatih, orang tua murid, pengurus dan pemerhati beladiri anak mengucapkan selamat Hari Anak Nasional tahun 2014. Semoga anak-anak di Indonesia bisa tumbuh selayaknya anak-anak pada umumnya, mendapatkan pendidikan yang baik, serta diperlakukan baik oleh orangtua dan lingkungan sekitarnya.

Hilman Indra Pura

Sabtu, 17 Mei 2014

Ekskul Silat SD Alpam Tutup Latihan Dengan Manis dan Prestasi

Sabtu 17 Mei 2014 merupakan hari yang paling berbahagia untuk peserta ekskul silat SD Islam Al-Azhar 15 pasalnya hari itu dilangsungkan latihan penutup semester di semester 2.
Dalam latihan tersebut ada beberapa agenda acara yaitu latihan bersama persiapan ujian kenaikan sabuk, pengumuman peserta ekskul terbaik semester 2, pelepasan forum orang tua anggota (forta), foto bersama dan terakhir ditutup dengan ramah tamah (makan siang bersama).

Pelatih yang diundang dan hadir pada latihan tersebut adalah kak wahyudi, kak zainudin, kak sukron, kak riki, kak irvan dan kak hilman. Anak-anak sangat antusias mengikuti latihan tersebut karena dilatih oleh kaka-kaka pelatih yang mereka baru kenal (undangan).

Peserta yang terpilih sebagai the best ekskul semester 2 adalah Raisa Nida, Nafieza Dira, Arkandhika Fauzan, & M. Hamiz Ghani (kelas 1-2) dan Karindra, Assahra Aulia, Ifaan Fatih, & M. Prima (kelas 3-5). Pemilihan diambil dari jumlah kehadiran, prestasi, gerakan dan sikap selama ekskul. 
Kak Zainudin yang dalam hal ini mewaliki kakak-kakak pelatih dan mengucapkan terima kasih atas undangannya, kemudian ucapan selamat kepada terbaik dan para juara lomba serta mendoakan semoga silat SD alpam menjadi semakin sukses.

Sedangkan ibu Rina Nugroho (ketua forta sd alazhar pamulang) menyampaikan selamat kepada anak-anak dan sekolah atas prestasinya dan ucapan terima ksih kepada kakak pelatih yang sudah hadir serta melatih 1 tahun ini dan ucapan juga untuk terima kasih kepada orang tua murid yang membantu dan mendampingi ananda selama kegiatan. Disela-sela sambutan bu rina juga mohon pamit dan minta maaf karena beliau mulai hari itu mundur dari jabatan ketua forta sd pamulang karena mengingat ananda Karindra (anaknya) tahun depan sudah duduk di kelas 6. Beliau berharap ada regenerasi pengurus forta di tahun ajaran berikutnya komunikasi tetap berjalan dan beliau juga siap membantu.

Sedangkan dari pihak orangtua yang memberikan kesan dan pesan di acara tersebut adalah bapak andry (papa rayhan) dan ibu dian (mama dika, kanza,dan yafi). Pak andri dan bu dian sangat puas dan berterima kasih kepada sekolah, pelatih dan pengurus forta yang telah membantu mengurusi anak-anaknya dalam latihan, ujian dan lomba. Setidaknya ada perubahan nilai-nilai positif anak yang dirasakan setelah masuk ekskul silat ini.

Ditahun ajaran 2013/2014 ini SD Alpam berhasil meraih beberapa penghargaan dari beberapa event yang diikuti diantaranya :
1. O2SN tingkat kecamatan alhamdulillah kita sabet 1 emas (Karindra), 2 perak (Nadia Jihandari, Irfaan Fatih) dan 1 perunggu (M. Prima) pada olimpiade ini yang dilombakan adalah jurus tunggal IPSI saja.

2. Kejuaraan JKT Pencak Silat Championship Menpora terbuka di gedung POPKI cibubur Jaktim. Kita meraih 8 emas (Karindra, Irfaan fatih 2 emas, Yumnaa Nur fatih 2 emas, M. Prima, Nadya jihandari, dan Arkhandika fauzan), 6 perak (karindra 2 perak, Anka wizraka huda, Anindya Khanza, M. Prima, dan Nadya Jihandariputri) dan 3 perunggu (Anka Wizraka Huda, Anindya Khanza, Arkhandika Fauzan). Kategori yang ditandingkan adalah seni tunggal IPSI dan tanding dengan dikategorikan sesuai dengan usia, berat dan tinggi badan.

3.Kejuraan Al-Azhar Seni Bela Diri tahun 2014. Pada kejuaraan tahun ini alhamdulillah kita berhasil menduduki 4 se-Indonesia tingkat sekolah dasar. Dengan perolehan medali sebagai berikut :
Emas 9 :  Karindra 2 emas (jurus alazhar sabuk biru 3 dan tanding), Arkandhika Fauzan 2 emas (jurus alazhar sabuk hijau kls 1/2 dan tanding), Rayyan Ridwan (tanding), Raisa Nida (tanding), Nasya Zulaekha/Assahra Aulia (ganda IPSI), delsey nabila (tanding), dan Nasya Zulaekha (tanding). 
Perak 11 : Raisa nida (jurus alazhar sabuk kuning kls 1/2), Syafira Khanza (jurus alazhar kls 3/6), Irfaan Fatih 2 perak (tanding & jurus alazhar sabuk biru 3), Hezel Qoyyum (tanding), Delsey nabila/amade dinara/asahra aulia beregu jurus alazhar sabuk hijau), M. Prima (jurus alazhar sabuk hjau kls 3/6), Nadya Jihandariputri (tanding), Karindra Mahalia/Nadya jihandariputri (ganda IPSI), Rayhan Saputra (jurus alazhar sabuk kuning 1) dan Anindya Khanza (jurus alazhar sabuk hijau kls 3-6).
Perunggu 11 : Rifqi Darmawan (tanding), Ammara Rizka (Tanding), Nizam Adam/M. Hamiz Ghani/Thiery Rizq (beregu sabuk kuning kls 1/2), Rafli Alzaidan (tanding), Amadea Dinara (tanding) Raihan Saputra (tanding), Yumnaa Nuur Fatih 2 perunggu (tanding & jurus alazhar sabuk biru), Karindra Mahalia Putri Nugroho (tunggal IPSI), dan Rayhan Saputra (tanding).

4. O2SN tingkat kota Tangerang Selatan. Setelah menjuarai tingkat kecamatan Karindra Mahalia Putri Nogroho melajut ke kota. Di tingkat kota ananda berhasil kembali meraih juara 1 dan berhak melaju ke tingkat Propinsi Banten.

5. O2SN tingkat propinsi banten (sdg berlangsung).

6. UNJ open Pencak Silat (Juli 2014).

Sekolah tentunya sangat bangga dengan hasil yang dicapai, minimal anak bisa senang dan percaya diri ikut kegiatan-kegiatan ekskul silat setahun terakhir ini. Melalui kepala sekolah HJ. Yana Rodiyanah, S. Ag sekolah berpesan selamat atas prestasi yang raih, terima kasih kepada pengurus dan anggota forta (forum orang tua anggota) yang telah membantu kegiatan sekolah ini dengan iklas dan sangat konsen kepada kegiatan sekolah. Kepada anak-anak tetap semangat latihan dan trus belajat agar nilai kalian tetap baik dan lebih baik.
Sukses trus silat alpam 15 dan jaya selalu.
Hilman indra Pura, S. Pd. (Koordinator latihan)

Wisnu kumara raih perak di jepara

Alhamdulillah kembali wisnu kumara juara nasional taekwondo kembali raih sukses di kejuaraan nasional taekwondo di jepara 27-28 april 2014 lalu. Wisnu yang tanding di kelas over 60 kg berhasil meraih perak. Hasil ini membuat bangga orang tua dan sekolah SD Islam Al Azhar 15 karena ananda sekarang sudah kelas 6 jadi kemungkinan ini prestasi terakhirnya di SD. Insya Allah tahun ini wisnu akan mengahadapi ujian dan masuk ke smp.
Selamat ya wisnu semoga di smp berhasil dan tetap eksis di mendulang juara.

Sabtu, 10 Mei 2014

Pantau Imajenasi Anak

Masih ingatkah dengan kejadian anak yang melompat dari lantai 19 apartemen?. Menurut kabar yang beredar anak tersebut lompat setelah dilarang untuk menonton film Spiderman di bioskop.
Hal ini menunjukan ada indikasi bahwa anak tersebut marah/ngambek sehingga menjatuhkan diri apartemen, karena anak tersebut sempat mengunci diri sebelum melompat. Ini bisa dilakukan karena seorang anak itu memiliki imajenasi tinggi. Bisa saja dia berharap dengan menjatuhkan diri dari ketinggian dia akan diselamatkan oleh tokoh pahlawan idolanya tersebut dan bisa bertemu dengan dia.
Selain korban lompat, imajenasi juga dimiliki oleh anak korban pelecehan sex di sekolah TK Internasional di Jakarta ketika orangtua korban mengajak anak nya berbicara seolah-olah berteman dengan super hero, sehingga anaknya mau bicara jujur apa yg dia alami tanpa ketakutan.
Untuk itu kita semua khususnya keluarga korban bisa mengambil pelajaran dari beberapa kejadian ini. Agar kita selalu memperhatikan tingkah laku anak-anak kita dan berikanlah penjelasan yang real mengenai yang dia ketahui. Agar tidak salah untuk dalam mengambil tindakan dari kehidupannya.
Hilman Indrapura

Selasa, 06 Mei 2014

Anak Jangan Dijadikan Korban

Miris rasanya melihat kejadian-kejadian yang melibatkan anak-anak menjadi korban. Mulai dari kasus penculikan, penganiayaan, pemerkosaan, exploitasi, bahkan pembunuhan. Ini salah siapa? Apakah ini salah orang dewasa yang lalai dalam hal pengawasan, pendidikan, perlindungan, kontrol emosi, kontrol nafsu, kontrol ambisi, ekonomi atau yang lain?. Ini semua bisa saja betul kesalahan orang-orang dewasa.

Melihat kasus beberapa waktu lalu di Bandung dan kota lain di Indonesia. Penculikan anak karena desakan ekonomi, seseorang tega menculik dan hendak menjual anak tersebut. Belum lagi kasus anak menjadi korban perlakuan kelainan sex, di salahsatu sekolah Internasional di Jakarta dan bekas tempat rekreasi di Sukabumi, yang sangat menghebohkan juga menambah penderitaan anak-anak bangsa. Bahkan yang lebih menyesakkan hati, korban berjumlah puluhan bahkan ratusan anak. Ada juga kasus eksploitasi anak, anak dipaksa untuk bekerja mencari uang, sehingga anak tidak bisa menikmati masa hidupnya sebagai anak yang trus belajar dan bermain. Belum lama juga ada kasus kekerasan orang dewasa yang menghardik anak hingga terluka, bahkan ada yang sampai meninggal dunia. Kejadiannya di panti asuhan, sekolah, masyarakat, bahkan dirumah sendiri. Dan masih banyak kasus-kasus lain yang juga sangat memalukan kita sebagai orang dewasa yang tidak menjaga anak. Kejadian diatas bukan hanya membuat anak menjadi sakit secara fisik saja tetapi secara Psikis pun akan terluka. Dan juga menunjukan hampir semua tempat dimanapun menjadi tidak aman bagi anak termasuk dirumah sendiri.

Sebenarnya apa sih yang harus kita perbuat agar tidak terjadi seperti itu lagi? Apakah kita harus siaga 24 jam? Atau kita harus sewa atau bayar orang untuk menjaga anak kita, apabila tidak bersama kita? Semua itu tidak menjamin, karena kejadian bisa saja terjadi diluar dugaan kita. Untuk itu yuk sama-sama kita sebagai orang dewasa kita lakukan perbuatan menjaga anak dari yang sederhana, yaitu mulai dari menjaga diri kita sendiri dulu. Dengan apa kita menjaga diri kita? Banyak salah satunya adalah dari pola pikir kita yang selalu berpikiran positif dan tidak negatif. Sehingga kita tidak akan tega melakukan apapun yng merugikan anak baik fisik maupun psikisnya. Sehingga anak akan nyaman berada di dekat anda.

Setelah kita sudah perbaiki diri kita lihat dan perhatikan orang disekitar kita seperti anak, adik, sepupu, keponakan, dan kerabat lainnya. Lihat perkembangan (fisik dan Psikis) dan pergaulannya. Apabila ada kejanggalan ajak bicara dan dicari permasalahannya. Setelah keluarga, baru kita lanjut perhatikan orang di lingkungan kita, baik lingkungan rumah maupun kerja.

Manusia hanya bisa berusaha tapi tetap Allah yang akan menentukan, untuk itu selain berusaha kita wajib berdoa. Mudah-mudahan sharing tentang perlakuan terhadap anak ini bisa menjadi bahan renungan untuk saya dan pembaca yang budiman.

Hilman Indra Pura, S. Pd.

Selasa, 04 Maret 2014

SD AL-AZHAR PAMULANG SABET 4 JUARA DI CABANG SILAT

Selamat kepada Peserta Lomba O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) Tingkat Kecamatan Pamulang dari SD Al-Azhar 15 Pamulang untuk Cabang Beladiri Pencak Silat yang telah merebut 4 Juara dari 6 Juara yang diperebutkan. Juara-juara tersebut adalah 1. Karindra Mahalia Putri Nugroho (alia) Juara 1 Putri, 2. Nadya Jihandari Juara 2 Putri, 3. M. Irfaan Fatih Juara 2 Putra, dan 4. M. Prima Adiguna Juara 3 Putra. Lomba yang dipertandingkan adalah Jurus Tunggal IPSI (lengkap Golok dan Toya). Lomba O2SN ini berlanjut sampai tingkat Nasional, semoga saja dari ke-Empat juara ini bisa mengikuti untuk lomba sampai Tingkat Nasional. Amin.


Selasa, 24 Desember 2013

Pelantikan & Latihan Penutup Semester 1 Silat SD Al-Azhar 15 Pamulang Tahun 2013/2014

Dengan selesainya ujian kenaikan tingkat (sabuk) yang di gelar pada hari Sabtu-Minggu, 14-15 Desember 2013, maka berakhir sudah latihan Ekskul Pencak Silat Semester 1 pada tahun pelajaran ini. Latihan akan dimulai lagi pada hari efektif semester 2 pada bulan Januari 2014 tepatnya tanggal 6. Dalam rangka itu unit latihan Pencak Silat SD Islam 15Al-Azhar Pamulang mengadakan latihan penutup semester 1 sekaligus mengumuman dan pelantikan sabuk anggotanya. Latihan yang di gelar di Kolam Renang Villa Dago Sport Center, Pamulang, Tangerang Selatan sangat diminati oleh anak. Selain mereka latihan dengan tempat yang tidak seperti biasanya, mereka berhak mengenakan sabuk barunya yang mereka peroleh serta bisa berenang dengan teman-temannya setelah latihan selesai.
Latihan yang dipimpin oleh Kak Hilman (pelatih sekaligus koordinator latihan) dan didampingi oleh Ka Sukron serta Kak Riki (selaku undangan dari Al-Azhar Seni Bela Diri Pusat & ketua tim penguji). Latihan dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB. Latihan dimulai dengan Pembukaan, Pemanasan, Pengumuman serta Pelantikan, Pengumuman The Best Performance Silat Semester 1, Latihan Gerakan Dasar, Penutup Latihan, Berenang bersama. dan diakhirin dengan makan bersama.
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang di prakasai oleh orang tua murid anggota, yang tahun ini dipimpin oleh Ibu Rina Nugroho (mama Alia) sebagai wujud motivasi kepada anak-anak latih agar rajin latihan dan bisa memperoleh prestasi yang baik serta ajang refreshing selama satu semester berlatih. Semoga kegiatan ini bisa dipertahan dan di contoh oleh unit latihan lain.

Hilman Indra Pura





Selasa, 26 November 2013

PERCAYA DIRI AJA LAGEEEH.....! ( RINA NUGROHO, S. Psi.)

Nama saya Rina Nugroho, seorang ibu berprofesikan Ibu Rumah Tangga. Walaupun ngga kerja kantoran, tapi saya punya passion yang besar di bidang pendidikan, terutama yang berhubungan dengan anak kecil. Kenapa ? Karena menurut saya, dunia anak itu dunia yang ga ada matinyeee, menyenangkan karena bisa bikin kita awet muda dan  yang lebih terpenting ….. dengan menyelami dunia anak, bisa membuat saya lebih kreatif. Salah satunya yang ini niiih ….. bikin artikel tentang anak, tanpa ada yang nyuruh pula, dan dengan percaya diri, mengajukan artikel ini ke ‘si empunya blog’, Hilman Indra Pura.….. , lumayaaan ….. gak perlu penerbit, tapi bisa nyebar hehehehe, just kidding, ….. Oke, perkenalan dirinya sudah cukup ya, kita masuk ke inti artikelnya ajah …..


Penulisan artikel ini berawal mula dari 1 kejadian sederhana, tapi cukup membuat saya tersenyum dan bangga pada anak saya. Oh ya, nama anak saya Karindra Mahalia Putri Nugroho, Alia panggilannya, saat ini bersekolah di SD Islam Al Azhar 15 Pamulang Tangerang Selatan, saat saya menulis artikel ini, usianya 10 tahun, kelas 5, dan menekuni dunia persilatan sebagai pilihan kegiatan  ekskulnya. Saking cintanya terhadap dunia persilatan, seluruh koleksi komiknya tidak jauh-2 dari dunia persilatan juga, misalnya Komik Chinmi si Kungfu Boy mulai episode A sampe Z, Naruto bla bla bla….. yang saya sendiri gak hafal saking banyaknya. Nggak hanya koleksi komik, tapi karena hobi menggambar, gambar yang dibuatnya pun pasti gak jauh-2 dari silat misalnya jurus naga menerkam harimau lah dll entah apa lagi, yang jelas gara-2 minatnya di dunia yang satu ini, emaknya sempat ditegur salah seorang guru karena di kertas ujiannya penuh dengan coret-2an gambar, hadeeeeehhhh …..


Oke, lanjuuut ….., kejadian yang saya maksud tadi adalah ….. ada seorang ibu, berputra 3 (haduh banyaknya ya …..), ketiga-2nya ikut ekskul silat, sama dengan Alia anak saya, hanya saja tingkatan sabuknya berbeda, Alia sudah sabuk biru 2, sementara anak-2 si ibu ini, namanya Ibu Dian, tingkatan sabuknya berada di bawah alia, kalo gak salah kuning  2 dan biru 1 deh. Ibu Dian ini berbicara pada saya, aduuuh ….. gimana ya, ini anak saya si Dhika (sabuk kuning 2) belum hafal jurus 2, padahal dia 2 minggu lagi mau Ujian Kenaikan Tingkat, secara waktu latihan tinggal 2 kali lagi nih, mana sebentar lagi sudah minggu tenang menjelang UAS, gimana nih, mba Rinaaa …… Ibu Dian ini mengadu ke saya, karena di sekolah ini saya bertindak sebagai koordinator orang tua ekskul silat.

Menanggapi keluhan Ibu Dian, saya langsung putar otak, gimana ya caranya supaya si Dhika bisa ikut UKT (Ujian Kenaikan Tingkat) dan hafal jurus yang disyaratkan, padahal waktu latihan mepet. Saya dapat akal nih, dan langsung berbicara ke Ibu Dian …. ‘Bu, mau ga diajarin Alia, anak saya, siapa tahu bisa membantu, khan Alia hafal jurus …..’  Tapi sebelum saya menawari Ibu Dian, saya sudah bertanya ke Alia terlebih dahulu, berikut sekelumit pembicaraan saya dengan Alia :
Saya       : Al, kamu hafal gak jurus 2 ?
Alia         : Hafal laaah ….. (dengan pe de nya Alia menjawab)
Saya       : Bisa gak ajarin Dhika, dia gak hafal jurus nih, kan sebentar lagi UKT …..
Alia         : Bisa, kan aku sudah hafal, mommy …..
Saya       : Yakin kamu bisa nih ?
Alia         : Yakin, tapi dibolehin ga sama Pak Hilman ?
Saya       : Ntar mommy minta ijin ma Pak Hilman, yang penting, kamunya, oke ga ?
Alia       : Oke oke aja ….. asyiiiikkk ….. bisa jadi pelatih cilik nih, Khansa adiknya diajak juga dong, kan dia sabuknya sama dengan Dhika …..
Saya       : Oke, ntar mommy bilangin ke mamanya. Tapi yakin kan kalo Alia bisa ?
Alia         : Pe de aja lageee Mommy ……

Gayung pun bersambut, Ibu Dian menyetujui, dan kita atur waktunya …..’Besok setelah sholat Jumat, Alia ajarin Dhika di Aula Masjid Ibnu Sina ya, sekalian aja Khansa diajak, biar lancar, Bu Dian’. Besoknya, setelah sholat Jumat, Dhika dan Khansa ternyata tepat waktu loh, datang 15 menit sebelum jam yang ditentukan, hebaaaatttt. Kebetulan di Aula ada Pak Hilman, jadi saya langsung minta ijin beliau untuk memberi kesempatan Alia melatih Dhika dan Khansa. Alhamdulillah,  Alia diijinkan, tetapi sebelumnya diberi arahan dulu bagaimana caranya melatih.

Latihan pun dimulai, ‘Yaaakk ….. kita mulai ya, Dhika, kamu di sini, Khansa ….. kamu di sana ….., kita langsung mulai ….. satu ! ….dua ! dst dst dst …..ini caranya Alia memberi aba-2. Setelah beberapa saat, saya perhatikan, saat melakukan jurus tertentu, Dhika kebingungan, akhirnya Dhika menoleh ke samping tempat Alia berdiri atau menoleh ke Khansa yang ada di belakangnya. Ini menurut saya agak mengganggu. Kebetulan di situ ada Prima anak ekskul silat juga yang secara tidak sengaja melihat latihan ini, dan tanpa diminta, Prima langsung ikut membantu membetulkan gerakan jurus Dhika dan berdiri di depan Dhika, jadi kalau aba-2 dari Alia dimulai, Dhika tidak kebingungan, saat dia berputar ke kiri, dia bisa melihat Prima, saat menghadap depan bisa melihat Alia, dan saat berputar ke kanan, bisa melihat Khansa, tapi ….. saat menghadap ke belakang …… dia hanya bisa lihat ke tembok.

‘Sekarang istirahat 2 menit dulu ya, nanti kita teruskan lagi’, kata Alia. ‘Iya Kaaaaak,’ jawab Dhika dan Khansa. Padahal latihan dimulai 5 menit kemudian, karena Alia bermain-2 dulu hehehehe.  Akhirnya latihan selesai dalam waktu 30 menit, dan Dhika sudah 90% hafal jurus, 10% nya lagi tinggal menyempurnakan gerakan. Ini sih bagiannya Kak Syukron dan Pak Hilman kali yaaaa ……

Nah, sebenernya apa sih inti dari cerita ini ? Ini nih yang mau saya share buat para pembaca. Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari latihan bela diri ala anak-2 ini. Beberapa hal yang bisa saya sebut yaitu :
1.       Percaya diri
2.       Komponen penyusun kepercayaan diri anak
3.       Disiplin
4.       Kerja sama
5.       Kepemimpinan

Percaya diri, hmmmm …… sepertinya saya ga perlu membahas definisinya, karena pembaca bisa googling aja sendiri, pasti bisa menemukan sekian banyak definisi percaya diri dari banyak ahli / ilmuwan / psikolog. Saya hanya bisa mengatakan, bahwa percaya diri ….. yang sering kita sebut dengan self confidence, self esteem, atau apapun lah namanya, menurut saya itu definisinya cuman satu ‘I CAN DO IT, SURELY …..!’. Alia bisa melatih Dhika, karena dia yakin bahwa dirinya bisa, mampu dan hafal jurus. Coba kalo Alia ga hafal jurus, males ngajarin, ga yakin ….. kejadian ‘pelatih cilik’ ini gak mungkin ada. Tul ga ? Ditambah lagi, embel-2 dia pengen jadi pelatih cilik ….. waduuuh, jangan-2 habis ini kalau sudah komersil bisa minta bayaran nih wkwkwkwkwk ….. Ga sia-2 hasil jerih payah Pak Hilman melatih Alia silat selama hampir 3,5 tahun, di usia muda pe de nya Alia cukup diacungin jempol.


Komponen penyusun kepercayaan diri anak, iiih ….. semoga penjelasan saya ga terlalu teoritis ya. Pastinya, dengan sedikit mengintip buku-2 literatur saya sewaktu kuliah di psikologi dan berbekal pengalaman sewaktu 10 tahun menjadi praktisi di perusahaan dan beberapa tahun menjadi praktisi pendidikan, saya bisa menyimpulkan, bahwa Alia bisa pe de karena beberapa hal, kemampuan, keberartian dan kesempatan serta kompetensi. Kemampuan, jelasss, Alia sudah hafal jurus koq. Keberartian dan kesempatan, sebenernya kalau di literatur-2, yang ada hanya keberartian, tapi menurut saya, ada 1 tambahan lagi yakni kesempatan, dan ini tidak bisa dipisahkan. Lihat aja cerita yang saya tampilkan, Alia merasa dirinya ‘sesuatu(k – nyontek gaya Syahrini)’ karena ada kesempatan, pembinanya Pak Hilman Indra Pura memberi ijin dan memberi kesempatan Alia untuk menjadi pelatih cilik. Bahkan di beberapa kesempatan saat latihan ekskul, pelatih Alia, Kak Syukron memberi kesempatan anak-2 yang bersabuk biru melatih anak-anak bersabuk putih, walaupun hanya sekedar melatih 4-5 gerakan. Di sinilah jiwa kepemimpinan dan pe de nya anak mulai ditempa. Anak pun merasi dirinya lebih berarti. Good job, Alia. Thanks to Pak Hilman Indra Pura dan Kak Syukron ‘Kumis’. Faktor penyusun berikutnya adalah kompetensi, Alia bisa pe de karena berbekal pengalaman dia, pernah menjuarai beberapa lomba, baik di lomba silat Al Azhar dan juga O2SN tingkat kecamatan, makanya dia pe de banget ngajarin ‘two musketeers’.

Berikutnya, disiplin. Sesuai kesepakatan, tanpa dinyana, Dhika dan Khansa datang 15 menit sebelum waktu latihan dimulai, woowwww …… biasanya anak kecil kan susah disuruh disiplin, ini berdua malah duduk manis di depan Aula Masjid Ibnu Sina, duuuuh dari jauh melihat 2 anak kecil imut duduk manis ….. ooohhh to twiiittt….!! Malah Alia yang lambat 5 menit, itu bukan karena salah Alia looooh, jam keluar sekolah saat itu jam 12.50, lewat 5 menit dari waktu yang saya tentukan, 12.45. So, it’s not about justification, broooo ……

Kerjasama, ini juga salah satu hal yang tidak saya duga, tetapi muncul di TKP. Masih ingat dengan tokoh yang namanya Prima ? Prima, teman Alia yang suka ‘darting’, ternyata memiliki sifat plus nya loh, suka membantu. Saat Dhika bingung melakukan jurus tertentu, tanpa diminta Prima ikut membantu Alia melatih Dhika, hmmmm ‘good collaboration among kiddos’. Akhirnya, hanya dalam waktu tidak lebih dari 30 menit, 13 gerakan dalam JURUS 2, sudah bisa dilakukan Dhika dan Khansa dengan baik. Terima kasih Kak Alia, terima kasih Kak Prima …..

Terakhir, kepemimpinan. Ingat ga, pembaca ….. pada waktu Alia menyuruh ‘anak didiknya’ istirahat 2 menit ? ini adalah awal mula adanya kepemimpinan, walaupun jadinya molor siih, dari 2 menit menjadi 5 menit, namanya juga anak kecil. Tapi setidak-2 nya, tanda-2 kepemimpinan sudah dimulai ….. not bad laaahh ….

SO …….!! (meniru gaya bicara Bara Pattirajawane di acara Gula Gula), dasar emak-2 ….. tidak jauh tontonannya pasti seputar acara infotainment, masak memasak (hayo ngakuuuuu …..), padahal bisanya cuman masak telor dadar campur bawang wkwkkwkwwk. Jadi, pembaca ….. ternyata latihan bela diri anak itu kalau dilakukan dengan senang hati dan tanpa adanya paksaan (bener, sumpeee loh, saya gak maksa Alia milih ekskul silat, dia sendiri dengan sadar dan seikhlas-2nya memilih ekskul silat, mungkin karena lihat figur Pak Hilman yang terkenal disekolah kali yaaa), plus latihan tekun (Alia 3,5 tahun, gak pake bolos, seingat saya selama kurun waktu itu alia hanya ijin tidak masuk 1 kali karena sakit) dan dengan cara yang fun (pelatihnya Kak Syukron juga memberi kesempatan anak-2 melatih adik tingkatnya), banyak sekali hal yang tumbuh dalam diri anak-2 kita, subhanallah …..

Demikian tulisan ini saya buat, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca yang lagi googling, apa manfaat latihan bela diri buat usia anak. So, buat apa ragu ? Let’s get started …!!!

Selasa, 01 Oktober 2013

Jangan ada paksaan untuk berlatih apabila anak tidak suka

Dalam pelaksaan beladiri anak, kita sebagai pelatih, orang tua, dan pengurus yang terlibat dalam latihan tersebut harus mengetahui tingkat kejenuhan anak. Terkadang dalam suatu latihan yang menargetkan anak untuk bisa mengusai gerak tertentu untuk menghadapi kenaikan tingkat atau pertandingan, kita terlalu memaksa kepada anak tersebut untuk dapat melakukannya. Sehingga anak tersebut merasa tertekan atau terpaksa dalam latihan tersebut. Padahal tujuan utama kita mengajarkan beladiri untuk anak bukan seperti itu. 
Tujuan utama anak kita latihan beladiri sebenarnya sebagai pembentukan karekter anak, baik fisik maupun mental, sedangkan prestasi hanya mengikuti. Jadi prestasi jangan terlalu dipaksakan ke setiap anak, karena setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda. Untuk pemberian porsi latihan yang lebih pada anak boleh-boleh saja, sebatas kemampuan fisik, skill dan kesiapan mental anak tersebut.
Pemaksaan latihan yang berlebihan jika dilaksanakan selain membuat anak jenuh dalam berlatih, juga anak bisa mendapatkan trauma yang mendalam seperti ketakutan, malas, dan lain sebagainya kalau melihat atau mendengar kata latihan. 
Untuk itu kita sebagai pelatih, orang tua, dan pengurus harus bisa melihat kemampuan anak, serta mengetahui tingkat kejenuhan anak, sehingga kita bisa mengatur tingkat pemberian materi latihan pada anak. Selain itu Pelatih dan Pengurus harus bisa mensiasati program latihan yang menarik sehingga latihan bisa menyenangkan tetapi materi yang dituju tercapai.
       

Senin, 09 September 2013

Selamat hari olahraga nasional

Tanggal 9 september adalah hari yang paling penting bagi insan olahraga nasional, pasalnya pemerintah Indonesia mencanangkan hari tersebut sebagai hari olahraga nasional. Kami segenap pelatih, pengurus, orang tua murid dan anggota olahraga bela diri, khususnya bela diri untuk anak-anak mengucapkan selamat, semoga olahraga indonesia kembali bangkit dan bangun dari tidurnya sehingga menjadi negara yang ditakuti di asia dan dunia

Selasa, 27 Agustus 2013

Yuk Kita Mulai Lagi Latihan..................

Setelah libur panjang kenaikan kelas, Ramadhan dan Lebaran. Sekarang sudah saatnya kita aktivitas latihan beladiri anak kembali. Silakan persiapkan apa saja yang perlu disiap dalam latihan, seperti seragam, alat-alat pelindung badan, dan alat-alat untuk latihan lainnya. Bagi yang baru akan bergabung, selamat bergabung jangan lupa tips2 dalam memilih tempat latihan beladiri (Buku Beladiri Untuk anak PT. Dian Rakyat). Trus berlatih semoga kalian semua menjadi juara. Selamat berlatih......!


Selasa, 23 Juli 2013

PROFIL JUARA : WISNU KUMARA PUTRA JUARA TAEKWONDO NASIONAL & INTERNASIONAL MEMILIKI SEGUDANG PRESTASI DAN CITA-CITA

Sepintas melihat Wisnu Kumara sama seperti anak-anak sebayanya. Bermain, bercanda, bahkan sedih apabila tidak sesuai dengan keinginananya. Tetapi dibalik itu, anak dari pasangan Harry Hartanto dan Nur Ayu Komang ini merupakan anak yang luar biasa. Prestasi anak ini di tahun 2010 sampai 2013 sedang memuncaknya. Baik secara akademis maupun nonakademis. 
Untuk dibidang nonakademis yang paling menonjol adalah prestasi di bidang olahraga Taekwondo. Tahun 2013 Murid Sekolah Dasar Islam Azhar 15 Pamulang ini meraih Emas (Juara I) Nasional Taekwondo Prajunior UTI PRO Championship 2013 di Surabaya dan juga meraih medali Perak (Juara II) di kegiatan yang sama untuk tingkat Internasional (UTI PRO BEST OF THE BEST INTERNASIONAL CHAMPIOANSHIP) 20-30 Juni lalu di Yogyakarta. Hasil itu buah dari kerja kerasnya berlatih dimanapun dia berada. Polda Bali adalah tempat latihan taekwondo wisnu pertama kali tahun 2008. Sejak tahun 2013 Wisnu pindah ke Pamulang karena Ayahanda tercintanya pindah tugas di Jakarta dan tetap berlatih bergabung latihan di Sekolah dengan teman-teman Ekskul Taekwondo. Bukan hanya itu murid yang duduk sekarang di kelas 6 ini juga pernah menjuarai lomba-lomba yang dia ikutinya seperti : lomba mengomandangkan Adzan (Muadzin Terbaik), Pekan Seni, dan Paduan Suara.
Bukan hanya di luar sekolah dia hebat. Di dalam kelas wisnu tergolong sebagai murid yang cerdas, dimana dalam pembagian hasil pembelajaran dia selalu di posisi 4 besar keatas.
Sikap santun dan hormat kepada teman serta guru disekolah juga patuh menjadi contoh bagi teman-temannya. Selalu salam kepada guru, tidak pernah membuat kasus dengan teman, dan selalu mengikuti kegiatan sekolah dengan baik. 
Semoga Prestasi wisnu ini menjadi motivasi untuk dia untuk meraih yang lebih baik dan kita semua agar bisa berlatih lagi lebih keras untuk meraih prestasi yang kita inginkan.

Prestasi Wisnu Kumara Putra :
1. Meraih rangking 4 di kelas 3, Tahun Pelajaran 2010.
2. Meraih rangking 3 di kelas 4, Tahun Pelajaran 2011.
3. Meraih rangking 2 di kelas 5, Tahun Pelajaran 2012.
4. Juara Harapan II Lomba Seni Re
maja Disdikpora Bali 2011.
5. Juara I (Emas) Pekan Olahraga Kota Denpasar-Bali. Cabang Taekwondo. 2011.
6. Juara I (Emas) Cabang Taekwondo Open Class Walikota Denpasar-Bali 2012.
7. Juara III Lomba Pekan Seni Remaja XXVIII tingkat SD Kota Denpasar-Bali 2012.
8. Juara Harapan I Adzan, OLKA Al-Azhar Se-Indonesia 2013.
9. Juara Harapan II Paduan Suara Fersiival Seni dan Budaya Al-Azhar 2013.
10.Juara I (Medali Emas) Cabang Taekwondo Pra Yunior Open Tournament Se-JawaBali plus di Surabaya. 2013.
11. Muadzin terbaik program Pesantren Bina Iman SD Islam Al-Azhar 15 Pamulang dan Al-Azhar 23 Jati Kramat.
12. Juara I (Medali Emas) Kejurwil Nasional Cabang Taekwondo UTI Championship Surabaya, 2013.
13. Juara II (Perak) UTIPRO BEST OF THE BEST INTERNASIONAL CHAMPOIONSHIP, Jogyakarta, 2013.


Rabu, 17 Juli 2013

LATIHAN PADA SAAT PUASA

Latihan beladiri pada saat bulan puasa bisa disiasati waktunya yang tepat jika kita sedang melaksakan ibadah Puasa (bagi umat Islam). Latihan bisa dilaksanakan pada malam hari setelah solat tarawih atau sore hari menjelang berbuka. Latihan yang dilaksanakan jangan terlalu berat volumenya. Latihan ini dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh kita, bukan untuk membentuk atau meningkatkan kondisi fisik kita. Lain hal dengan atlet yang akan dipersiapkan untuk event tertentu, latihan di bulan puasa perlu di bentuk latihan khusus yang dibuat oleh ahli dan pelatihnya.
Bagi kita yang memang melakukan olahraga beladiri sekedar untuk kesegaran jasmani dan beladiri saja, bisa melakukan latihan paling banyak seminggu 2 kali latihan pada saat puasa. Latihan dilaksanakan dengan beban yang sedikit dan kecepatan yang sedikit. Hal ini dilaksanakan karena kawatir mengganggu kondisi tubuh dalam keadaan perut yang kosong.
Selingin dengan muatan-muatan imtaq untuk menambah motivasi dalam hal ibadah kita. Silakan mencoba semoga latihan kita dinilai sebagai ibadah oleh Allah SWT. Amin.

Sabtu, 16 Februari 2013

Latihan Beladiri Melatih Disiplin Anak

Dalam setiap latihan beladiri pasti ada peraturan atau tata tertib yang harus dilaksanakan. Peraturan itu dibuat agar jalannya latihan berjalan dengan baik. Peraturan itu sendiri berupa peraturan yang mengatur tentang latihan, organisasi, dan sikap diluar latihan. Terkadang kita sebagai orang tua susah sekali untuk mengatur anak-anak untuk disiplin dalam kehidupan sehari-hari.  Ada beberapa orang tua yang mensiasati kedisplinan anak sehari-hari dirumah dengan cara mengaplikasikan kedisiplinan pada saat latihan beladiri. Contoh : 
1. Pada saat anak susah sekali diajak untuk ibadah (sholat, doa, dll) orang tua bisa membandingkan atau mencontohkan dengan latihan, yaitu "Sebelum latihan aja kita berdoa supaya latihan kita selamat, dan gak ada cedera, masa dirumah malas berdoa (sholat)?".
2. Pada saat anak mulai telat atau malas belajar, mandi, bangun, makan, dan lain-lain, maka siasatnya dengan menyampaikan ke-anak: "Klo kamu telat latihan dalam latihan dihukum push up, lari dan lain-lain, dirumah juga harus seperti itu klo kamu males dan telat mulu mau kamu dihukum mama/papah atau dilaporkan ke pelatihnya biar dihukum di tempat latihan".
Dan masih banyak cara lain untuk mengaplikasikan nilai-nilai yang diajakan di latihan beladiri di rumah. Mungkin Bapak/Ibu yang membaca tulisan ini lebih banyak tahu bagaimana cara untuk memotivasi anak untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan cara mengaplikasikan 
  

Minggu, 14 Oktober 2012

Pencak Silat dan Saya

Mr. Shingo Miyamoto Konsuler Kedutaan Besar Jepang


Saya ada sebuah pengakuan.  Awalnya ada "udang di balik batu" saat saya memutuskan untuk ikut latihan pencak silat di Masjid Al Azhar. 

Dalam kata singkat, alasan saya untuk belajar silat bukan karena saya ingin meningkatkan kemampuan saya sendiri dalam silat.  Alasan saya untuk belajar silat sebetulnya adalah untuk berteman dengan sebanyak mungkin orang Indonesia, dan untuk meningkatkan kemampuan saya untuk berbahasa Indonesia.

Saya melihat tampilan pencak silat untuk pertama kalinya, saat mewakili Duta Besar Jepang di acara Hari Ulang Tahun ASBD pada bulan Mei, tahun 2010.  Saat itu, saya berpikir betapa bagus kegiatan ini untuk bisa mengenal dengan teman-teman dari Indonesia, dan untuk bisa berbicara dengan mereka dalam bahasa Indonesia.  Karena waktu itu saya masih relatif baru datang di Indonesia, dan karena kebanyakan dari orang yang mengelilingi saya dalam kehidupan saya adalah orang asing, keinginan saya untuk mendekati teman-teman dari Indonesia sangat kuat.  Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mengunakan pencak silat sebagai “alat” untuk merealisasikan keinginan itu.

Sudah dua tahun berlalu sejak saya mulai ikut latihan pencak silat di Masjid Agung setiap hari minggu.  Selama dua tahun ini, saya berhasil untuk berteman dengan banyak orang Indonesia.  Memang, saya merasa saya dapat diterima sebagai seorang anggota keluarga besar ASBD.  Sahabat yang telah saya bertemu di sana adalah sahabat-sahabat terpenting bagi saya di Indonesia.

Selama dua tahun itu, kemampuan saya untuk berbahasa Indonesia bertambah dengan signifikan juga.  Meskipun pasti belum lancar, jika dibandingkan dengan saat saya tiba di Indonesia untuk pertama kalinya (Wah, saya belum tahu caranya untuk bahkan mengucapkan terima kasih pada waktu itu!!), saya sudah menjadi cukup mampu. Sampai bisa menulis karangan ini sendiri, misalnya.

Dari hasil-hasil tersebut, mungkin bisa dikatakan bahwa tujuan awal saya dalam belajar silat itu sudah direalisasikan. “Udang di balik batu sudah didapatkan.”

Anehnya, bahkan setelah dipindah tugas ke Amerika Serikat pada bulan Januari, tahun 2012, saya masih tetap ikut latihan silat di cabang ASBD di Washington DC.  Mengapa? Bukan karena saya ingin berteman dengan orang Indonesia pasti. Karena hampir semua murid di sana orang Amerika. Bukan karena saya ingin belajar bahasa Indonesia juga, karena semua pembicaraan saat latihan dilakukan dalam bahasa Inggris.  Mengapa saya masih ingin berlatih silat?? Nah, saya sendiri baru sadar, bahwa alasan kenapa saya ingin belajar silat sudah berubah selama dua tahun yang lalu.
Jika dipikirkan sekarang, alasannya bukan karena saya ingin mendekati teman-teman Indonesia.  Alasannya bukan karena saya ingin belajar bahasa Indonesia.  Tetapi, alasanya karena saya ingin melanjutkan pelajaran pencak silat. Itu saja.

Sekarang, bagi saya sendiri, pencak silat bukan “alat” untuk mendekati Indonesia.  Pencak silat adalah kegiatan yang menyenangkan.  Ya. Pencak silat adalah sejenis seni bela diri. Yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan saya sendiri. Tapi pencak silat bukan hanya itu.  Saya rasa belajar silat bisa bermanfaat untuk meningkatkan disiplin diri saya.  Dari silat, saya dapat belajar sikap hidup yang lebih baik, seperti jangan paksakan pendapat saya sendiri kepada orang lain, tetapi manfaatkan tenaga orang lain untuk merealisasikan hasil yang baik.  Menurut saya, silat bisa disebut sebuah kegiatan yang dapat dilanjutkan sepanjang hidup untuk menjadi orang yang lebih baik.

Saya sering ditanya oleh teman-teman. “Kamu orang Jepang kan? Kenapa suka belajar pencak silat? Mengapa bukan karate?“  Dan saya selalu menjawab, “kebetulan saja.“ Memang, saya menemukan pencak silat secara kebetulan.  Dan kebetulan, saya jatuh cinta kepadanya.  Dan setelah belajarnya selama dua tahun, ternyata banyak hal yang telah saya pelajari. Oleh karena itu, kata kunci saya pada saat ini untuk menjelaskan artinya belajar silat bukan “udang di balik batu” tetapi “Sekali mengayuh dua tiga pulau terlewati.” Karena hanya dengan belajar pencak silat, saya sudah bisa mendapatkan banyak hal yang sangat dihargai dalam hidup saya.

Harapan saya adalah melalui membaca buku ini, anak-anak dan dewasa secara bersama akan dapat belajar banyak hal mengenai seni bela diri yang saya cintai. Pencak Silat.

Terakhir, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada sahabat-sahabat saya dari Al Azhar, yang telah menerima saya sebagai anggota keluarga besar mereka.  Sampai hari ini, saya sangat menghargai persahabatannya sebagai sesuatu yang terbaik yang terjadi kepada saya selama berada di Indonesia. Terima kasih...


Shingo Miyamoto

Kamis, 11 Oktober 2012

Foto Lucu Anak Latihan Beladiri

Ini adalah sesi foto anak latih ekskul Silat kelas 1-2 Al Azhar 15 Pamulang, sedang asik-asiknya berfose tiba2 datang anak ekskul lain (Futsal) didepan mereka dan ikut bergaya. Tidak sengaja tetapi terlihat lucu dengan kepolosan anak bergaya latihan beladiri dan anak-anak lainnya yang melihatnya.hehehehe

Rabu, 01 Agustus 2012

Puasa Sempatkan Untuk Olahraga

Pada saat puasa kita bukan berarti tidak boleh beraktifitas olahraga. Akan tetapi kita tidak bisa melakukakan aktivitas olahraga seperti saat keadaan kita sedang tidak berpuasa. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang ringan-ringan seperti jalan, joging, dan bersepeda santai dengan bedan yang sedikit dan waktu relatif singkat. Untuk latihan beladiri sendiri bisa juga dilakukan disaat puasa. Latihan dengan beban yang sedikit dan waktu yang jangan terlalu lama. Latihan bisa dilakukan pada sore hari menjelang buka puasa, sekitar jam 17.00 atau 17.30. Urutan latihan yang dilakukan sebagai berikut : 

1. Peregangan dengan menarik bagian otot tubuh agar tidak kaku saat latihan bisa dilihat dibuku beladiri untuk anak penerbit PT. Dian Rakyat atau buku lain dengan teratur mulai dari kepala sampai ujung kaki.
 2. Pemanasan dengan cara berjalan/lari-lari kecil.
 3. Gerakan-gerakan dasar beladiri dengan porsi yang kecil dan tidak menggunakan power (tenaga yang berlebihan/kuat-cepat), gerakan-gerakannya bisa dilihat juga dalam buku beladiri untuk anak penerbit PT. Dian Rakyat.
 4. Pendinginan. Pendingan dilakukan untuk menurunkan suhu tubuh kedalam keadaan yang normal setelah jantung bekerja lebih cepat karena ada pergerakan tubuh.
 
Setelah magrib berkomandang silakan minun air putih dan dilanjutkan dengan yang manis seperti korma, kolak, kue-kue kecil, roti dll. Selamat mencoba, Semoga bermanfaat dan puasa kita di terima. Amin...!

Rabu, 04 Juli 2012

Tahun Pelajaran Baru 2012/2013 Yuk Ikut Ekskul Bela Diri

Bulan juli 2012 ini merupakan dimulainya tahun pelajaran sekolah 2012/2013. Dengan dimulainya tahun pelajaran ini, maka dimulai pula semua kegiatan sekolah. Termasuk kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan bertujuan agar murid bisa mengembangkan kreativitasnya di bidang tertentu seperti seni, olahraga, asah otak dan keterampilan lain.
Di sisi olahraga murid bisa mengembangkan kreativitasnya di ranah motorik anak. Bela diri merupakan salah satu aktivitas olahraga yang menanamkan beberapa nilai-nilai yang positif selain melatih motorik anak seperti tanggung jawab, keberanian, patuh kepada orang tua, dan lain-lain. Untuk itu tidak sedikit orang tua mendaftarkan anaknya untuk berlatih beladiri. 
Untuk itu yuk kita daftarkan anak-anak kita untuk berlatih beladiri, tetapi tetap harus didampingin dan didiskusikan kepada pelatih agar kita sebagai orang tua bisa memantau kegiatan beladiri yang kita laksanakan. 

Selamat Bergabung.......! 

Selasa, 26 Juni 2012

Isi Liburan Dengan Latihan Bela Diri

Mungkin bagi orang tua yang memiliki jadwal kerja tidak terikat, liburan sekolah adalah waktu yang tepat untuk menikmati liburan. Tetapi bagi orang tua yang super sibuk tidak bisa menemami anak berlibur. Liburan tidak harus berpergian kesuatu tempat yang ramai dan banyak acaranya. Liburan itu bisa dilakukan di rumah seperti bersepedah, main ke taman lingkungan dekat rumah (kalau ada), bermain games, membaca komik, aktivitas olahraga dan lain-lain.
Nah bagi anak yang sudah terdaftar ikut latihan beladiri di sekolah atau di club masing-masing, liburan bisa diisi juga dengan latihan beladiri sendiri dirumah. Selain untuk mengisi liburan latihan ini juga menambah kepercayaan diri anak, dan meningkatkan kebugaran pada anak. Latihan harus didampingin oleh orang tua atau pelatih dengan dengan panduang buku "bela diri untuk anak" atau buku lain sesuai dengan perguruan/club jenis latihannya. Latihan bisa dilakukan setiap pagi selama liburan. Latihan cukup 45 menit sampai 1 1/2 jam. Urutan latihan harus dilaksanakan karena ini merupakan standart latihan beladiri. Jangan lupa persiapkan alat-alat yang digunakan untuk latihan seperti deker tulang kering, samsak/target pukulan, celana, pelindung persendian dan lain-lain  yang mendukung latihan. 

Bagi yang tidak ikut latihan beladiri bagaimana???, Jangan kawatir bagi bapak/ibu yang anaknya tidak mengikuti latihan beladiri bisa ibu/bapak latih sendiri dengan panduan buku bela diri anak tadi. Klo memang kurang yakin bisa menghubungi salah satu pelatih atau orang yang dianggap bisa melatih dengan buku panduan tersebut, tetapi latihan hanya sebatas olahraga saja tidak mengandung unsur lain yang tidak diperbolehkan pada anak-anak seperti latihan pernapasan yang tidak ada panduannya, latihan pemecahan benda keras, bantingan/jatuhan, dan latihan-latihan keras seperti militer.


Selamat mencoba......!





Selasa, 19 Juni 2012

LATIHAN BELADIRI DI TEMPAT YANG MENARIK

Dalam latihan bela diri anak perlu dilakukan terobosan yang baru agar anak-anak tidak bosan. Terobosan tersebut bisa berupa cara melatih, tempat latihan atau hal lain yang membuat anak menjadi semangat. Salah satu terobosan tersebut adalah tempat latihan. Tempat latihan yang beda dengan biasanya yang disukai anak seperti tempat rekreasi, taman, atau mall adalah salah satu cara untuk menambah motivasi anak. Seperti yang dilakukan oleh peserta Ekskul Silat Al Azhar unit latihan SD Al Azhar 15 Pamulang, Selasa 12 Juni 2012 melakukan latihan di tempat rekreasi Ocean Park BSD. Latihan itu merupakan latihan penutup tahun pelajaran 2011-2012 sekaligus refresing setelah menghadapi Ujian Kenaikan Kelas, Pertandingan Silat dan Ujian Kenaikan Tingkat Silat. 
Menurut saya pelatih harus kreatif membuat kegiatan positif seperti ini dan berusaha agar didukung oleh pihak sekolah dan orang tua. Dukungan dari sekolah dan orang tua sangat dibutuhkan karena kegiatan ini tidak menggunakan biaya yang sedikit. Selain SD Al Azhar Pamulang ini sekolah-sekolah lain yang dulu saya pernah pegang melatih juga sudah mengadakan latihan seperti ini seperti dilakukan Alarm (Al Azhar Rawamangun) di Ancol dan Alpus (Al Azhar Pusat) di Put Put Golf Senayan dan Gunung Mas Puncak, Alhamdulliah respon dari sekolah dan orang tua sangat baik.


Hilman Indra Pura

Kamis, 17 Mei 2012

Pendekar SILAT SMPI AL AZHAR 25 Pamulang Meriahi Acara Peresmian Sekolah

Selasa 15 Mei 2012 merupakan suatu hari bersejarah bagi keluarga besar SMPI Al Azhar 25 Pamulang dan keluarga Besar YPI Al Azhar pada umumnya. Karena hari itu bertepatan dengan acara peresmian gedung baru SMPI Al Azhar 25. Acara ini dihadiri oleh Walikota Tangerang Selatan, Kepada Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, Kepala Sekolah Al Azhar Se-Jabotabek, Tokoh Masyarakat, Pejabat Lurah dan Camat setempat dan Pejabat serta pengurus YPI Al Azhar mulai dari ketua umum sampai kepala bidang dibawahnya.
Selain acara peresmian dengan menandatanganan prasasti gedung, acara diisi oleh beberapa tampilan yaitu : angkung oleh Siswa-siswi SMP Al Azhar 1 Pusat, Ansambel, Vocal group oleh murid SD Al Azhar 15 Pamulang, Drum Band oleh murid TK Al Azhar 19 pamulang, Vocal group 2 dan Silat oleh SMP Al Azhar 25 Pamulang. 
Untuk tampilan silat sendiri ditampilkan beda dengan tampilan biasanya, dengan mengunakan musik yang modern (Grenade/Bruno Mars) memberi warna tersendiri. Adapun pendekar yang tampil adalah Riska Novira, Ricki Ariyanto, M. Sauqi, Diza Iwari, Cahaya Prima, dan M. Billy Siregar (Angkatan 1) . Mereka adalah peserta Ekskul silat yang berhasil membawa nama baik sekolah di setiap event Silat yang diikuti. Dari 2 event yang diikuti sudah 10 Gelar juara yang diperoleh. Penonton yang menghadiri acara tersebut sangat senang melihat tampilan ini, Termasuk ibu Walikota Ibu Hj. Airin Rachmi Diany ikut menyaksikan dengan serius bahkan ikut mengabadikan dengan merekam tampilan tersebut.
Ini adalah awal yang baik untuk prestasi SMP Al Azhar 25 dan Ekskul Silat SMP Al Azhar Pamulang khususnya. Pesan Ibu walikota semoga dengan diresmikan sekolah ini menjadikan kota Tangerang Selatan menjadi Kota Pelajar seperti Jogyakarta.   


Selasa, 01 Mei 2012

SILAT SD ALPAM BERJAYA DI HUT YPI & ASBD 2012

Jumat- Minggu tanggal 27-29 April 2012 kembali pendekar-pendekar cilik SD Al Azhar 15 pamulang berlaga dalam kejuaraan Pencak Silat Al Azhar 2012 dalam rangka HUT ASBD dan YPI Al Azhar. Dari 12 anak yang disertakan dalam lomba, semuanya mendapatkan hasil yang baik yaitu 11 gelar juara (4 Emas, 4 Perak dan 3 Perunggu) dan 2 orang peringkat ke 4. Adapun nama-nama yang berhasil mendapatkan prestasi ini adalah :

  • Juara 1 : M. Rafi Bagas (kelas 4), Yumnaa Nur Fatih (kelas 1), Naela Azalia (Kelas 2), dan M. Abyan Kemal (kelas 6).
  • Juara 2 : Karindra Malia Putri Nugroho 2 kategori (kelas 3), Nadhira Indah (kelas 4), dan Nadia Jihandari (kelas 3).
  • Juara 3 : Razi Narendra Tama (kelas 4), Nasya Zulaekha (kelas 3), dan M. Irfaan Fatih (kelas 3).
  • Juara 4 : Anka W (kelas 3) dan Fizayafi (kelas 4)

Bunda Yana selaku kepala sekolah SDI Al Azhar 15 sangat senang sekali dengan hasil yang diraih. Prestasi ini bukan hanya kerja keras anak-anak dan pelatih saja tetapi dorongan orang tua anggota sangat menentukan dan menverikan kontribusi juga. Selamat ya, sukses selalu, tetap berjuang, tetap belajar, belajar dan belajar. Allahu Akbar.









Hilman Indra Pura